Loading

Ikan Air Tawar

tambak

PT. SCP memiliki lahan budidaya ikan air tawar. Untuk budidaya ini PT. SCP memfokuskan pada usaha budidaya Ikan Lele dan Ikan Mas. Ikan Lele yang dibudidayakan adalah jenis Sangkuriang, dimana jenis ini merupakan varietas Ikan Lele terbaik saat ini.

Lele Sangkuriang tergolong jenis ikan omnivora, seperti halnya sifat biologi lele dumbo terdahulu. Di alam ataupun lingkungan budidaya, lele sangkuriang dapat memanfaatkan plankton, cacing, insekta, udang-udang kecil dan mollusca sebagai makanannya. Keunggulan dari lele sangkuriang ini diantaranya dapat dipijahkan sepanjang tahun, fekunditas telur yang tinggi, dapat hidup pada kondisi air yang marjinal dan efisiensi terhadap pakan yang tinggi.

Selama lima tahun terakhir produksi Lele terus meningkat. Pada tahun 2005 produksi nasional ikan lele sebesar 69,386 ton, tahun 2006 sebesar 77,332 ton, tahun 2007 sebesar 91,735 lalu tahun 2008 meningkat menjadi 114,371 ton dan pada tahun 2009 terus meningkat menjadi 144,755. Tahun 2010, angka sementara yang dipublikasikan produksi ikan lele dari hasil budidaya sebesar 273.554 ton.

Lele merupakan komoditas budidaya air tawar yang sangat digemari masyarakat. Rasanya yang enak dan gurih adalah salah satu alasan para penikmat ikan lele. Bahkan saat ini lele tidak hanya dikonsumsi dalam bentuk utuhnya tapi juga sudah ada olahan ikan lele seperti abon, nugget, kerupuk kulit, bakso dan lain-lain.

Untuk budidaya ikan air tawar ini PT. SCP mendistribusikan ikan sebagai benih untuk dikembangbiakan lagi, atau sebagai konsumsi pakan sehari-hari. PT. SCP telah memasok kebutuhan ikan lele dan Ikan mas untuk wilayah Palembang dan sekitarnya.